Home / Tips Sehat / Kenapa Rambut yang Terpapar Sinar Matahari Warnanya Kecokelatan?

Kenapa Rambut yang Terpapar Sinar Matahari Warnanya Kecokelatan?

Bila diamati, rambut yang seringkali terkena cahaya matahari condong alami pergantian warna dari hitam jadi kecokelatan atau kemerahan. Apa memang cahaya matahari dapat memberi efek buat keadaan rambut dengan relevan?

Efek Rambut Seringkali Terkena Cahaya Matahari

Ahli kesehatan menyebutkan di rambut ada protein yang dikatakan sebagai keratin. Protein ini dapat diketemukan dibagian folikel, tempat akar rambut tumbuh di kulit kepala. Saat ada di folikel, sel rambut yang masih juga dalam keadaan hidup selalu aktif dalam menumbuhkan rambut. Diluar itu, folikel akan menghasilkan melanin yang memengaruhi warna rambut kita.

Sayangnya, cahaya matahari dapat merusak beberapa sel melanin yang ada pada batang rambut kita. Serta, paparan radiasi ultra violet akan membuat melanin ‘terbakar’. Dampak terbakarnya melanin ini akan membuat rambut kita mempunyai warna seperti karat, yaitu kecokelatan atau kemerahan.

Di dunia medis, proses terbakarnya melanin rambut ini dikatakan sebagai proses oksidasi. Kandungan melanin di rambut juga alami penurunan mencolok akibatnya karena ini.

Paparan Cahaya Matahari Dapat Membuat Rambut Kusut

Tidak cuma akan membuat warna rambut alami pergantian jadi kemerahan atau kecokelatan, paparan radiasi ultraviolet dari sainar matahari nyatanya dapat juga mengakibatkan rambut jadi lebih kusut serta susah untuk ditata. Ini dikarenakan oleh rusaknya susunan keratin rambut dengan mencolok.

Jadi info, di rambut ada senyawa yang diketahui dengan panggilan tiol. Tiol mempunyai peranan jadi penjaga struktur rambut supaya masih halus serta gampang untuk diatur. Bila rambut seringkali terkena cahaya matahari, karena itu tiol akan alami proses oksidasi dan menjadi asam sulfonat. Ini dapat membuat rambut seperti melekat serta pada akhirnya jadi kusut.

Panduan Jaga Rambut dari Cahaya Matahari

Bila kita seringkali ada di luar ruang, ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk jaga keadaan rambut supaya tidak gampang rusak karena paparan cahaya matahari.

Berikut cara-cara yang dapat kita kerjakan itu.

Memberi Perlindungan buat Rambut

Bila kita condong seringkali terkena cahaya matahari dengan cara langsung, sebaiknya memberi perlindungan buat rambut supaya tidak gampang alami pergantian warna atau jadi lebih kusut. Perlindungan ini dapat berbentuk menggunakan topi atau payung bila memang keadaan cuaca sangat panas serta terik.

Serta, bila perlu, kita dapat memakai seperti spray heat protectant. Semprotan ini mempunyai peranan seperti dengan tabir surya buat rambut hingga dapat memberi perlindungan dari paparan cahaya matahari langsung yang benar-benar panas serta menusuk.

Jauhi Keluar Ruang Waktu Cuaca Benar-benar Panas

Cahaya matahari sore dan pagi memang baik buat kesehatan, tetapi cahaya matahari di siang hari yang benar-benar terik bisa mengubah warna kulit serta keadaan rambut. Semestinya kita menghindarinya serta beraktivitas di luar ruang saja waktu cuaca sedang panas serta terik.

Bila memang ingin keluar rumah, sebaiknya pergi pada pagi atau sore hari waktu cuaca serta cahaya matahari jauh bertambah nyaman buat badan.

Teratur Menjaga Keadaan Rambut

Tidak cukup dengan teratur mencucinya dengan shampoo minimal 2x satu hari, ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk memberi perawatan lebih baik buat rambut. Triknya dengan memakai conditioner sesudah berkeramas.

Bila seringkali pergi ke luar rumah waktu siang hari, ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk menggunakan conditioner memiliki bahan volumizing untuk menahan permasalahan lambut lepek dan berminyak.

About Tips Dokter

Check Also

Polio (Poliomyelitis)

Poliomyelitis atau sering disebutkan Polio ialah penyakit kronis yang dikarenakan oleh virus polio. Badan manusia ialah hanya satu inang alami dari virus polio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *