Home / Tips Sehat / Rutin Makan Bawang Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Rutin Makan Bawang Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Kita kenal bawang jadi satu diantara bumbu makanan yang seringkali kita pakai waktu memasak. Dalam realitanya, bawang dapat membuat aroma serta rasa makanan jadi lebih nikmat. Namun, benarkah bila teratur makan bawang dapat menolong turunkan efek kanker payudara?

Efek Makan Bawang buat Efek Kanker Payudara

Kita pasti seringkali dengar info yang tunjukkan jika teratur makan bawang dapat menolong turunkan tekanan darah serta cholesterol. Namun, satu riset yang dikerjakan di Puerto Rico akhir-akhir ini tunjukkan jika ada hubungan di antara teratur makan bawang dengan penurunan efek kanker payudara.

Riset yang dikerjakan beberapa pakar dari Puerto Rico ini dikerjakan dengan menyertakan simpatisan dari negara itu. Jadi info, masyarakat negara yang berada di Kepulauan Karibia ini condong mempunyai efek kanker payudara tambah lebih rendah bila dibanding dengan warga dari lokasi Amerika Serikat atau Eropa.

Nyatanya, satu diantara fakta kenapa warga Puerto Rico condong mempunyai efek kanker rendah ialah seringkali konsumsi bawang-bawangan. Ini dibuktikan dengan adanya banyak masakan ciri khas di daerah ini yang memakai bahan ini seperti bumbu sofrito.

Dalam riset yang berjalan sepanjang enam tahun ini, 314 wanita yang telah menanggung derita kanker payudara serta 346 wanita dengan keadaan sehat diikutsertakan. Beberapa simpatisan ini mempunyai umur 30 sampai 76 tahun.

Dari hasil riset ini ialah, wanita yang rajin konsumsi makanan dengan bumbu sofrito minimal sati kali satu hari dapat turunkan efek kanker payudara sampai 67 % bila dibanding dengan wanita yang tidak mengkonsumsinya. Beberapa periset menyebutkan ini kelihatannya berkaitan dengan kandungan di bawang bernama flavanol serta organosulfur yang berbentuk anti kanker hingga dapat menahan perubahan dari beberapa sel penyakit ini.

Sayangnya, riset ini masih juga dalam rasio kecil hingga dipandang belum betul-betul menunjukkan efek bawang buat efek kanker payudara. Riset selanjutnya diperlukan untuk betul-betul menentukannya.

Apa Semestinya Kita Harus Seringkali Bawang?

Walau riset yang dikerjakan di Puerto Rico ini tidak memberi bukti yang kuat mengenai faedah bawang buat efek kanker payudara, ahli kesehatan menyebutkan teratur makan bawang, baik itu bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, serta bawang type yang lain dapat memberi banyak faedah kesehatan.

Ini dikarenakan oleh tingginya kandungan nutrisi di dalamnya seperti kalsium, kalium, fosfor, zat besi, serta vitamin C yang dapat memberi dukungan kesehatan badan dalam menahan datangnya beberapa jenis penyakit.

Namun, kita semestinya tidak konsumsi bawang dengan terlalu berlebih. Bila tidak, karena itu efek untuk alami permasalahan berbau tubuh atau berbau mulut, sampai masalah pencernaan seperti perut kembung atau sakit perut akan makin bertambah.

Beberapa Langkah untuk Turunkan Efek Kanker Payudara

Tidak cukup dengan teratur makan bawang, ahli kesehatan menyebutkan ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk turunkan efek kanker payudara.

Berikut beberapa cara itu.

Teratur Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur serta buah-buahan dapat dibuktikan dapat turunkan efek kanker payudara. Kita semestinya turunkan mengonsumsi daging olahan atau makanan cepat saji.

Jaga Berat Tubuh

Kelebihan berat tubuh dapat dibuktikan dapat tingkatkan efek terserang kanker payudara. Semestinya kita jaga berat tubuh masih baik atau menurunkannya untuk turunkan efek itu.

Jauhi Minuman Mengandung alkohol

Teratur minum alkohol lebih dari satu gelas dalam satu hari cukup sudah untuk tingkatkan efek kanker payudara dengan mencolok. Semestinya memang kita menghindarkan minuman yang tidak sehat ini.

About Tips Dokter

Check Also

Polio (Poliomyelitis)

Poliomyelitis atau sering disebutkan Polio ialah penyakit kronis yang dikarenakan oleh virus polio. Badan manusia ialah hanya satu inang alami dari virus polio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *